Friday, January 31, 2014

Doa tiga Salam Maria

Sekitar bulan Oktober-November tahun lalu, gue sudah hampir memutuskan utk pulang ke Indonesia and magang/kerja disana. Gue begitu ga yakin kalau gue bisa mendapatkan kesempatan magang di Paris, karena level bahasa Prancis gue yang gue rasa ga cukup dan juga pengalaman kerja di bidang yang gue mau sangat minim. Gue uda mulai daftar di perusahaan besar di Jakarta dan KL, dan mulai tanya2 teman ttg lowongan magang di kantor mereka. Bahkan mama papa dengan senang hati menyambut gue kalau gue pulang kapanpun itu.

Tapi suatu hari gue memutuskan bahwa gue akan berusaha sekuat tenaga utk bisa dapat kesempatan magang disini. Kenapa? Pertama, ini kesempatan terakhir gue utk belajar segala hal dari negara ini dan orang2nya. Kedua, gue masih mau membuktikan ke diri gue sendiri, sejauh mana kemampuan gue utk bertahan hidup tanpa 'kembali ke kandang'. Lalu faktor lainnya, gue masih pengen ada di Prancis, gue mau Tommy bisa datang pas summer dan kita bisa jalan2 bareng, gue mau Tommy jg punya kesempatan utk belajar banyak dari negri yang sangat beda dari Indo ini.  Gue masih mau ke London, Spanyol dan Roma juga.  Kalaupun orang2 mulai menyindir gue bahwa gue uda umur 25 tapi masih blm pnya kerjaan tetap, dll., gue meyakinkan diri gue, bahwa gue masih akan punya 100 tahun kedepan, dan 2 tahun hanyalah jangka waktu pendek yang gue habiskan utk belajar banyak hal bagi kepribadian gue kedepannya.

Masa2 ngelamar magang bukan masa yang mudah. Setiap gue mengirim aplikasi, gue jg harus siap ditolak atau diajak interview mendadak pake bahasa prancis. Dapat kesempatan magang disini memang susah, karena semua anak kuliah diwajibkan magang sehingga perusahaan bisa memilih dengan leluasa kandidat mereka. 

So, setelah g memutuskan utk bertahan dinegri ini, gue benar2 berusaha. Gue update cv gue, motivation letter, nongkrongin situs ngelamar magang tiap malem, latihan interview pake bahasa prancis, dan gue ga lupa utk berdoa. 
Gue berkomitmen utk doa tiga Salam Maria karena gue percaya bahwa Allah Bapa melalui Yesus dan Bunda Maria akan mengabulkan permohonan gue. Gue berdoa agar diberi kesempatan magang di Prancis. Tapi gue tetap menutup setiap doa dengan permohonan agar apa yang diberikan kepada gue adalah yang terbaik bagi masa depan gue, baik itu magang disini, maupun kerja di Indo. Gue percaya kalau apapun yang akan diberikan kepada gue, itu adalah jalan yang terbaik bagi gue. Gue jg berjanji bahwa jikalau suatu hari akan ada masa2 sulit dalam masa magang gue di prancis, gue ga akan mengeluh, karena itu adalah pilihan gue. Gue benar2 pasa masa berusaha dan berser. Akhirnya gue mengerti apa maksud kata2 'berusaha dan berserah diri'. 

Permohonan gue dikabulkan oleh bunda Maria. Bahkan gue dapat 2 kesempatan magang dari 2 perusahaan berbeda dan 1 lowongan kerja di Indonesia. Plus, setelah beberapa saat, gue jg uda bisa dapat tempat tinggal pasti di Paris yang super susah utk cari tmp tinggal ini. Gue merasa begitu diberkati dan dipercaya oleh Tuhan utk menjalani hidup gue dengan baik dan sebaik-baiknya agar gak ada penyesalan di masa mendatang. Tuhan begitu baik sama gue dan gue sangat bersyukur karenanya. 

Gue biasanya gak pernah membicarakan tentang iman kepercayaan maupun agama dengan orang lain. Gue adalah pendengar yang baik karena gue merasa gue bisa jadi domba yang baik tapi bukan gembala yang sebenarnya. Gue nulis di blog, yang gada yang baca ini, karena gue mau ketika suatu hari iman gue mulai goyah, gue akan kembali baca blog ini dan mengingat betapa ketika gue percaya, berusaha dan berserah, maka engkau akan diberikan yang terbaik. 
Jika memang suatu hari kamu tanpa sengaja membaca blog ini, gue harap ini bisa jadi sedikit bantuan bagimu agar kiranya kamu makin percaya akan kekuatan doa tiga Salam Maria dan kepada Allah Bapa. 

Terima kasih Bunda atas terkabulnya doa tiga Salam Maria. Aku percaya bahwa setiap moment di dalam hidupku, adalah alasan di balik lapisan imanku.

Je vous salue Marie, pleine de grâce
Le Seigneur est avec vous
Vous êtes bénie entre toutes les femmes
Et Jesus, le fruit des vos entrailles, est béni
Sainte Marie, mère du Dieu
Priez pour nous, pauvres pêcheurs
Maintenant et à l'heure de notre mort
Amen 

No comments:

Post a Comment